Saturday, August 21, 2010

Tomato Staking again.........

Hari ini kenzie menjalani tes2 menyusul tes mantoex dia beberapa hari yg lalu... Ken hari ini dirontgen & ambil sampel darah. Wah lumayan susah juga ternyata waktu ambil sampel darahnya ken, dia sampe dipegangin 4 orang. Yang lumayan kewalahan juga. Ga tega bgt ngeliat ken kaya gitu, rasanya dah mau minta stop aja tuh orang yang lagi nyuntikin jarum ke tangan ken. setelah proses pengambilan darah yang menurut aku terlama yang pernah aku tau.. akhirnya selesai juga. Dah mana habis itu orang lab nya bilang kalo darahnya harus di cek dulu apakah tidak ada pembekuan, kalo ada ken harus ulang lagi prosedurnya... jeng jeng... langsung lemes aku dan hendry. AKu langsung doa dan memohon kepada Tuhan spy ga ada apa2, karena rasanya susah juga yah buat memaksa ken lagi untuk disuntik dan dipaksa gt... dianya juga kasian, kitanya juga kaga tega bgt. Tapi syukur kepada Tuhan ternyata ga ada masalah jd prosedurnya susah selesai. Tinggal nanti hari senin baru aku kembali ke dokter untuk mengetahui hasil tesnya. GOD, please help us... AKu cuma berdoa yang terbaik aja yang terjadi, toh kita juga udah siap..

Hari ini juga kita pergi ke komsel lagi... Tapi hari ini kita cukup efisien dengan waktu ketemu kami. Mulai jam 4, lalu jam 6.30 sudah selesai :-) ha ha ha... biasanya mah bisa selesai jam 9an. Itu karena Nata ada janji latihan dan kita datengnya juga lumayan on time. Kenapa lumayan???? Karena janjiannya jam 3 datengnya pada jam 4. Biasanya ada yang bisa telat sampe 2 jam!!! Yah kayanya emang kita kudu lebih menghargai waktu dan mengatur waktu dengan baik. Tapi kalau kita berkomsel dengan anak2, kita tidak bisa memprediksikan waktu dengan baik. Kita cuma bisa membiarkan komsel mengalir dengan begitu saja. Karena kalau komsel sama anak2 juga mereka ikutan komsel dan kita para mama2 ga bisa begitu saja lepas tangan dan membiarkan anak2 itu mengurus diri mereka sendiri kann???

Tapi aku suka sekali melihat "keributan2" yang ditimbulkan oleh anak2, baik anakku maupun anak2 yang lain. Mereka suka bikin ulah yang lucu dan ada saja hal2 yang membuat kami tertawa, kadang2 membuat kami deg2an, yang ga enak ya bikin kami marah :-)
Tapi itulah yang harus kita belajar sebagai orangtua, belajar mengatur anak2 kita. Mengajarkan mereka ketaatan yang total terhadap kami orangtuanya.

Hari ini kita kembali sharing dari RAISING GODLY TOMATOES, hampir seluruh buku ini membicarakan ketaatan. But it is the most important thing when we (parents) want to teach our children in God's way. Kita hari ini belajar bagaimana anak2 harus taat kepada kita bukan karena takut akan konsekuensi/disiplin. Tapi mereka harus TAAT karena memang mereka HARUS. Jadi sebenarnya ktia sebagai orangtua jangan menakut2i anak dengan ancaman akan konsekuensi untuk mendapatkan ketaatan anak. Anak akan melihat bahwa mereka harus taat supaya tidak mendapat konsekuensi, padahal mereka harus taat karena memang mereka harus.

He he heh susah juga sebenarnya untuk praktekin itu, karena aku sendiri cukup sering mengancam2 kenzie untuk mendapatkan ketaatannya. Atau aku sering mengiming2i dia reward supaya dia taat. COntohnya, aku suka bilang sama ken ketika dia ga mau brush his teeth, aku akan bilang: "Ken kalo kamu tidak mau brush teeth, teeth kamu nanti bisa digigit sama caterpillar dan bisa sakit karena itu" biasanya ken akan langsung menurut :-) he he heh. Tapi itu artinya aku nakut2in dia.... Atau aku akan bilang sama dia: "ken kalau kamu tidak menghabiskan makanan kamu, kamu tidak boleh pergi komsel bersama mama dan papa", biasanya dia langsung berusaha keras untuk memakan makanannya sampai habis, hi hi hi :D Naaah... itu udah sesat dan salah didikan... Aku harus belajar banyak nehhh...

Kalau dipikir2 aku selalu menemukan banyak sekali kesalahan2 yang aku lakukan dalam aku mendidik dan mengajar ken. Semuanya biasanya berawal dari keengganan aku untuk "berperang" dengan ken atau emosi aku yang mudah terpancing kalau ken berbuat salah. Aku harus KONSISTEN dan harus MENANG. Aku ga mau ken jadi anak yang tidak mejadi berkat, aku mau ken bisa jadi berkat dan bisa menggenapi apa yang Tuhan inginkan dalam hidupnya :-) AYO SEMANGAT!!!

No comments:

Post a Comment