Sunday, August 8, 2010

Teaching Obedience

Aku belajar dari sebuah buku kristen (Raising Godly Tomatoes by Elizabeth Krueger) tentang bagaimana mendidik anak seperti yang Tuhan inginkan. Hal pertama yang penting adalah mendidik anak adalah FULL TIME JOB kita sebagai orangtua. Kita harus menaruh prioritas dalam hal ini. Firman Tuhan juga sangatlah peduli terhadap bagaimana kita mendidik anak-anak kita.

"And these words, which I am commanding you today, shall be on your heart; and you shall teach them diligently to your sons and shall talk of them when you sit in your house and when you walk by the way and when you lie down and when you rise up.
- Deuteronomy 6:6-7


Sebelum Kenzie lahir, kami sudah memiliki kerinduan bahwa kami akan mengajarkan anak-anak yang Tuhan percayakan kepada kami kelak sesuai dengan jalan dan kebenaran FirmanNya. Dan ketika Kenzie lahir, kami pun menanamkan nilai-nilai kebenaran kepadanya. Sejak masih dalam kandungan, kami selalu membacakan Kenzie Firman Tuhan. Kami bernyanyi dan memuji Tuhan bersama-sama. Kami percaya meskipun ia belum mengerti tapi rohnya sama dengan kami.

Ketika Kenzie mulai tumbuh dan sudah memiliki keinginan dan bisa berkata "tidak" dengan ia sadari, mulailah perjuangan kami untuk mengajar dan mendidik Kenzie. Tapi kami terkadang tidak konsisten dan kami bingung apa yang harus kami lakukan agar ia bisa menjadi anak yang taat dan takut akan Tuhan. Jujur saja, aku terkadang tidak mau menjadi ibu yang "jahat" di mata kenzie, sehingga aku banyak mengalah dan membiarkan apa yang ingin ia lakukan. Tapi untungnya Tuhan terus mengajar dan membimbing aku. Aku harus kembali fokus dan menjadikan ini sebagai TUGAS UTAMA aku sebagai orangtua, mendidik dan mengajarkan anakku sesuai apa yang Tuhan mau, bukan apa yang anakku mau.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengajarkan KETAATAN. Hal inilah yang masih menjadi pergumulan dan proses untuk kami ajarkan kepada Kenzie. Dan apakah kalian tahu? Ini sangatlah sulit :-( butuh konsistensi, butuh kesabaran ekstra untuk tetap mengajarkan ketaatan kepada anak kita. Apa yang jadi target kami adalah: taat pada perintah pertama dan dengan hati yang sukacita. Ketaatan adalah hal yang sangat penting dan dasar dari segala hal yang kita ajarkan untuk anak kita.
Children, be obedient to your parents in all things, for this is well-pleasing to the Lord. Colossians 3:20

Sudah kurang lebih 4 atau 5 bulan kami memprioritaskan mengajarkan ketaatan kepada kenzie dan sampai saat ini masih dalam proses dan menunjukkan kemajuan yang cukup baik walaupun belum memuaskan. Kadangkala aku sebagai orangtua yang lebih banyak bersama kenzie, merasa cape dan kalah dalam melakukan hal ini. Aku terkadang ga konsisten dan malah jadi terpicu untuk marah dalam menghadapi kelakuannya. Kadang aku juga merasa hal ini sangatlah sulit dan tidak mungkin bisa tercapai fuuiiih........ susahnya... Tapi firman Tuhan tidak mungkin bohong kan? Ada orangtua2 yang telah berhasil melakukannya dan kami juga pasti bisa, YES WE CAN!!! yang diperlukan hanyalah konsistensi dan fokus.

Aku mau komit kembali untuk mengajarkan kenzie ketaatan seperti apa yang Tuhan inginkan, dan aku rindu lewat hal ini kenzie bisa menjadi berkat buat orang lain.... Amin.
Please help me God...

2 comments:

  1. Train a child in the way he should go, and when he is old he will not turn from it." --Proverbs 22:6 (NIV) sukacitamu yg tbesar ketika melihat anakm u hidup dalam kebenaran. Maju terus sist! :)

    ReplyDelete