Wednesday, August 11, 2010

My Family Altar


Aku dan Hendry berusaha untuk komitmen membangun mezbah keluarga setiap hari. Karena kami rindu mengajarkan nilai-nilai kebenaran kepada anak-anak kami dan kami juga rindu bertumbuh bersama-sama dalam Tuhan. Mezbah keluarganya ada 2x :-) yang pertama waktu bareng-bareng sama Kenzie. Biasanya kita baca Firman Tuhan & doa sama-sama. Kita ajarin Kenzie buat memperkatakan Firman, biasanya 1 ayat. Trus kita ajak dia untuk berdoa juga. Nah belakangan ini bapaknya nambahin dengan worship bareng-bareng. Walopun lagu2 yang di request sama Kenzie kadang-kadang lagu2 yg ga pas buat worship :-). Contohnya semalem dia minta lagu "King Kong Badannya Besar" he he he, pada akhirnya bapaknya berhasil membujuknya menyanyikan lagu "God is so good". Lucu deh... Kadang-kadang mezbahnya juga diwarnai dengan teguran-teguran kecil buat Kenzie yang masih susah banget buat konsentrasi dengar Firman dan maunya becanda mulu. Tp kita mau konsisten ajar dia untuk serius dan benar-benar dengar Firman Tuhan.

Nah, mezbah yang ke-2 yaitu waktu aku & hendry berdua membahas Firman Tuhan. We try very hard to make it. Terkadang kami terlalu disibukkan dengan kesenangan dan hobby masing-masing jadi buat mezbah keluarganya sering "ga kebagian" :-) (Forgive us Father..). Dan kami harus kembali pada komitmen kami. Biasanya kita renungin firman pake Couples Devotional Bible yang NIV. One of my friend give it to us as a gift on my wedding (thank you wawah..)

Ini adalah renungan yang aku & hendry baca bersama kemarin.

A Spoken Blessing by Gary Chapman

Proverbs 16:24
"Pleasant words are a honeycomb, sweet to the soul and healing to the bones"

Renungannya tentang perkataan-perkataan yang memberkati pasangan kita. Memperkatakan kata-kata yang mendukung atau memberi penguatan untuk pasangan adalah salah satu aspek yang paling penting dalam pernikahan kita. Kata-kata afirmasi adalah kata yang menunjukkan bahwa kita menghargai pasangan kita, misalnya: "Kamu terlihat manis hari ini", "I love U", "Terimakasih karena telah menolong saya untuk membuang sampah-sampah keluar". Kata-kata ini fokus pada apa yang pasangan kita lakukan atau tentang dirinya.

Mungkin ada dari kita yang terlahir dalam keluarga yang memang tidak terbiasa untuk memuji atau memberikan kata-kata afirmasi. Tapi kita bisa belajar dan banyak hal dalam keluarga yang tidak datang begitu saja secara alami. Ada hal-hal yang perlu kita usahakan dan pelajari.

Nah, jadi belajar memberikan pujian buat pasangan itu sangat penting. Kebayang ga seh kalo kita nikah dan seumur hidup kita nikah suami/istri kita ga pernah memuji atau menyatakan "I love U". Aku seh kayanya ga tahan kalo Hendry kaya gitu.. Tapi biasanya semakin lama kita menikah, kita suka lupa dan berpikir bahwa dia juga udah tau kok, ga usah pake diucapkan. Itu adalah hal yang salah. Satu hal yang selalu hendry lakukan untuk aku adalah ia SELALU mengucapkan "I love U" sambil memberikan kecupan sebelum pergi kerja dan sebelum kami pergi tidur. Itu minimalnya :-) meskipun ia mungkin sedang marah atau kesal sama aku. Aku juga berusaha untuk memberikan pujian atas keberhasilan-keberhasilan yang hendry capai dan mengucapkan terima kasih ketika ia menolong aku.

Jadi aku dan hendry terus belajar setiap hari untuk tetap jaga romantisme hubungan kami dengan saling memenuhi kebutuhan kasih kami. Salah satunya ya dari memberikan pujian. Semoga aja kami bisa terus mesra biarpun sampai jadi kakek nenek :-). Tapi aku percaya kalau kita membangun hubungan kita sama Tuhan dan membiarkan Dia yang jadi pusat dalam pernikahan kita, maka hal itu ga mustahil kok... Amin!!!

1 comment: