Sunday, February 13, 2011

Welcoming Baby (Part 2)

Ini kelanjutan materi Welcoming Baby Part 1


BAGIAN 2: POLA PEMBERIAN MAKAN BAYI

I. Pentingnya Pola Pemberian Makan

Setiap orangtua menginginkan bayi yg sehat dan menyenangkan. Semua harus dimulai dari faktor yang terpenting yaitu dalam hal pemberian makanan. Mengapa ini penting????
- Cara pemberian makan akan sangat mempengaruhi pola makan dan pola tidur.
- Orangtua perlu memiliki pengetahuan yg cukup tentang pemberian makan thd bayi yang baru lahir.



II. Dua cara pemberian makan pada umumnya

1. Makan berpedoman pada jam (clock feeding)
Pemberian makan diatur oleh jam secara mutlak dalam arti tidak ada flexibilitas.
Contohnya: Bayi diberi susu setiap jam 5, jam 7, jam 9 atau tiap 2 jam sekali tidak boleh lewat atau kurang. Dan harus pada jam yang sama setiap hari.
Dampaknya: Kondisi bayi yang kurang sehat (malnutrisi) atau bisa dehidrasi serta orangtua bisa tidak logis (tidak melihat secara keseluruhan)

2. Makan berpedoman tangisan (cry feeding)
Pada pola pemberian makan ini, bayi diberi makan setiap bayi menangis. Tangisan bayi adalah tanda bayi membutuhkan makanan atau dilayani tanpa mempedulikan kapan ia terakhir menerima makan.
Contohnya: Bayi sudah diberi makan pada jam 1 tapi jam 2 dia menangis, maka ibu memberi makan lagi. Setelah itu jam 3 menangis lagi dan ibu memberi makan lagi padahal bayi sudah cukup makan.
Dampaknya: Bayi lebih rewel sehingga kurang tidur dan bayi bs memiliki kecenderungan obesitas karena terlalu banyak makan serta ibu dapat kelelahan.

Kebanyakan orangtua tidak tega dan merasa harus berada di samping bayi mereka, padahal seharusnya jika kita tidak ingin menjadi child centered makan kita harus mendidik mereka dari mereka bayi. Mengajarkan mereka bahwa rasa aman itu tidak boleh tergantung pada kehadiran orangtua.

III. PILIHAN YANG LEBIH BIJAKSANA

A. Pemberian makan yang diatur oleh orangtua (Parent Directed Feeding)

Artinya: Pemberian makan yang diatur oleh HIKMAT orangtua untuk memenuhi kebutuhan bayi, ibu dan seluruh keluarga. Walaupun setiap bayi memiliki kecenderungan dan pembawaan/sifat yang berbeda, orangtua dapat menggunakan kesempatan sejak dini untuk mengatur cara pemberian makan untuk bayinya agar bayi memiliki pola makan yang teratur di kemudian hari.

Kegiatan bayi sepanjang hari hanya dibagi menjadi tiga yaitu: Makan, main, dan tidur. Kegiatan tersebut dapat distruktur oleh orangtua. Dampaknya adalah gaya hidup bayi yang teratur dan dapat diperkirakan sekalipun bayi mempunyai temperamen yang berbeda. Anak juga jauh lebih tenang.

B. Mengapa pengaturan ini lebih bijaksana?

1. Dalam menghadapi bayi yg baru lahir orangtua sering tidak mengerti bagaimana merawat bayi. Dengan belajar mengenali bayi sejak awal seorang ibu dapat memanfaatkan minggu2 pertamanya untuk belajar mengenali pola lapar bayi dengan memberi makan secara rutin/teratur.
2. Dengan membangun pola hidup bayi yang teratur, kita dapat membedakan mana yang benar-benar kebutuhan bayi dan keinginan bayi. Hal ini dpt menolong orangtua dapat mengatur kegiatan keluarganya secara keseluruhan dan dapat meresponi dengan benar jika bayi menunjukkan penyimpangan dari pola rutin.
3. Memberikan rasa aman/ketenangan pada bayi dan rasa percaya diri pada orantua karena bayi mulai dibiasakan belajar untuk mengetahui apa yang akan terjadi selanjutnya. Misalnya dalam membangun kebiasaan lain seperti mandi, berjemur, buang air besar secara teratur.

Sebagai testimoni, waktu gw praktek ini ke Kenzie sejak lahir memang ini sangat bermanfaat dan sangat menolong gw terutama gw juga bisa ada waktu untuk istirahat dan berberes-beres rumah, dll. Karena pola makannya kenzie teratur dan kenzie jg tidurnya jadi teratur. Kenzie jg ga rewel, jarang nangis (memang pada minggu2 awal kenzie masih butuh penyesuaian namun setelah minggu ke 4 setelah semuanya bs diterapkan dengan teratur kenzie sudah tenang)

IV. MEMBENTUK POLA RUTIN BAYI

Pola rutin yang dimaksudkan adalah jadwal kegiatan bayi yang teratur dan dapat diramalkan sehingga kebutuhan jasmani dan rohani bayi terpenuhi selama 1 hari penuh.

Dunia bayi, seperti telah disebutkan di atas terdiri dari 3 kegiatan yang berurutan sepanjang hari yaitu:
- Makan
- Main
- Tidur
Kecuali pada malam hari waktu semua anggota keluarga mulai tidur, setelah bayi disusui dan sendawa langsung diletakkan untuk dapat belajar tidur sendiri.

Pengertian rutin BUKANLAH:
- Bayi harus bangun pada jam yg sama setiap hari
- Pemberian makanan pada jam yang sama
- Jumlah pemberian susu yang sama setiap kali (yang penting jumlah total pemberian susu setiap hari tidak dibawah jumlah minimal yang direkomendasikan dokter)

Nanti lanjut lagi yaaah.....

5 comments:

  1. KEREEEEEEEEEEEEEEN!!!! tengkiuuuuu ciiiii, bagus banget nih! :)

    ReplyDelete
  2. iya nanti gw lanjutin lg ya liii, semakin seru loh yang selanjutnya. Tantangannya adalah mempraktekkannya :-) yg penting hrs ada kesepakatan antara suami dan istri utk ngejalanin semua yg dibahas krn kalo ga nanti jd ga konsisten.

    ReplyDelete
  3. Hiii... thanks banget untuk tulisannya, gw juga lagi belajar n dengerin audio 'welcoming baby', mau tanya kalau beli buku on becoming baby wise dimana ya ? itu buku bahasa indo / ing ?
    thanks. Gbu ^^

    ReplyDelete
  4. Hi indri.. salam kenal juga, sorry banget baru sempet ngeblog lagi. Buku on becoming baby wise aku juga waktu itu boleh minjem dari temen. Nanti aku coba tanya dulu yah beli di mana. Tapi kalo yang versi inggrisnya di luar negeri ada, lewat amazone bisa di pesan. Ato kalo ada ke luar negri bisa beli. Gbu too

    ReplyDelete