Wednesday, February 9, 2011

3 years old son

Hari Senin 7 Februari kemarin Kenzie sdh genap berusia 3 tahun, yipie!!! Saatnya untuk planning kasih dede buat kenzie hehehhe... But Kenzie so excited loh dia udh "tri irs ol" (bahasanya kenzie begitu). Dia bilang sekarang dia udah bigger, udh jd koko, udh bisa maen skateboard (hahahha), waktu itu dia liat org maen iceskating kita bilang kalo nanti udh bigger baru boleh. Nah sekarang dia udh nambah setahun lg dia udh bigger and dia mau maen itu skating, tp knp dia blgnya skateboard yah???? jd bingung jg....

Ga ada yg spesial jg sih buat perayaannya ultahnya kenzie, cm perayaan sederhana di sekolahnya dan yg begitu terburu-buru (paling cuma 15 menit) and ga pake tiup2an lilin segala. Foto sama parents nya aja kaga ada, agak menyesal jg sebenarnya... tp yg penting kenzie jg happy.

Ga sangka juga sekarang udh 3 tahun ngebesarin n ngedidik kenzie, perjalanan panjang penuh suka duka :-) Tapi ga pernah menyesal memilih jalan untuk mendidik dan membesarkan kenzie sendiri tanpa bantuan orangtua dan suster. Bisa mengikuti setiap detik perkembangan dia, apa yg dilakukan dan dikatakan oleh kenzie juga hampir semuanya adalah pengaruh dr kami sebagai orangtua (tentu saja ada juga faktor2 luar spt keluarga lain dan teman2).

Pengaruh2 dr luar memang ga bs kita hindari dalam mendidik anak kita, seperti seorang "sesepuh" yang pernah bilang ke kami (gw dan hendry). Tapi bagaimana kita sebagai orangtua dapat mengarahkan anak kita ke arah yg baik dan benar sesuai dgn kebenaran Tuhan, kita jg harus mampu meng"counter" hal2 atau pengaruh negatif yg masuk ke anak kita. Mengajar dan mendidik anak haruslah berulang ulang. Sampai kapan? sampai anak kita mengalami perubahan dan memiliki karakter yg seperti Tuhan inginkan. Bukan tugas yg mudah bukan???

Selama 3 tahun ini kami mendidik kenzie, kami banyak belajar. Gw belajar teori di psikologi, gmn tahap perkembangan anak dll nya. Gw pikir nanti bs gw terapkan dalam mendidik anak gw. Wah kaga keingetan sama sekali. Mau lg marah ya marah, mau lg bete ya bs bete. Terus terang aja waktu hampir 2 tahun kita mendidik dan membesarkan kenzie, byk hal2 yg ternyata salah kita terapkan ke kenzie. Krn begitu byk jg yg kita dgr dari orang lain dan itu blm tentu benar dan sesuai dgn firman tuhan. Tapi waktu gw belajar dan byk baca buku serta dibukakan firman Tuhan, kita belajar bahwa penting sekali untuk mengajarkan anak2 kita KETAATAN, itu adalah hal yg paling mendasar. TAAT krn memang mrk HARUS TAAT thd otoritas mrk yaitu kita sebagai orangtua. Nah dri situ kita mulai terapkan ke kenzie, dri hal2 kecil seperti wkt kita panggil dia harus lgsg datang on the first time. Ngelatih itu nya aja susah banget dan byk gagalnya krn gw nya yg kaga sabaran dan kdg2 "males" untuk ngeladenin pemberontakannya kenzie. Jd byk kompromi dan akhirnya ga konsisten. Nah 1 lagi yg penting adalah KONSISTENSI.

Sudah hampir setahun kita terapkan prinsip2 dan nilai2 ini dalam mendidik kenzie, kita bersyukur krn byk hal positif yg bertumbuh dalam diri kenzie. Meskipun tentu saja msh proses untuk kami bertiga untuk semakin sempurna dalam karakter Kristus. Bukannya mau membanggakan, tapi ga jarang loh orang yg memuji kenzie. Byk yg bilang kalo kenzie ga nakal, ga spt kebanyakan anak (apalagi anak cowok). Kenzie bisa taat atau duduk diam kalo kita minta, ga cengeng dll... Itu semua ga datang dgn sendirinya.

Gw percaya kok kalo anak2 itu mau pny karakter baik atau ga itu adalah hasil pembentukan dr lingkungan terdekatnya.. Bukan karena bawaan dr lahir. Kadang2 ada orangtua yg bilang: "wah kalo si A mah anaknya emang ga bs dibilangin, maunya berontak aja" atau jg "kalo anak saya mah anaknya emang pelit, ga mau berbagi" dan banyak komentar lainnya. Menurut gw, semua anak akan jd ga baik kalo mrk ga pernah diajar dan dididik dengan KONSISTEN dan BENAR oleh orangtuanya. TITIK. Itu menurut pengamatan gw dan pengalaman dr bbrp orangtua yg berhasil dlm mendidik anak2 mereka.

So, kalau sekarang gw punya visi ya utk benar2 bs membesarkan anak2 ilahi yg bs menjadi berkat dan mengubah generasi nya dan itu ga bs didapatkan dr hanya 3 bulan, 1 th atau 2 th beri waktu untuk anak2, but it's a lifetime process and I'm ready for that :-) (semoga nanti kalo udah nambah anak lagi gw bs tetap teguh dan maju terus pantang mundur) God bless me and all of parents!!!

2 comments:

  1. Happy 3rd birthday dear Kenzie! Thanks for the goodie bag.... hahahaha, hadiah menyusul ya?

    ReplyDelete
  2. Hahaha tq yaaah. kaga usah repot2 beliin hadiah lah auntie.... kenzie udh happy kok diucapin jg :-)

    ReplyDelete