Tuesday, August 2, 2011

I'm Back........ :-)

Walaaaah udah ketinggalan banget sama dunia blog nge-blog :-( belakangan ini banyak menyesuaikan jadwal karena kenzie udah sekolah, jadi bangun harus lebih pagi, siang juga jadi ga bisa istirahat karena jadwal masak gue pindah ke siang hari dan lain2 lah. Udah gitu blog gue sempet error ga bisa dibuka, jadilah gue pasrah juga secara ga ngerti gimana ngutak ngatik beginian.

Soooooo many things happened since the last time i've write here. Banyak banget sampe bingung apa yang harus diceritain :-)

Update kenzie:

Kenzie udah pre schooler sekarang, jadi dia udah masuk sekolah setiap hari. Cuma 2,5 jam per hari tapi lumayan lah untuk dia ada kegiatan positif dan bisa belajar banyak hal juga waktu di sekolah.

Kenzie makin pinter ngomongnya, udah bisa menjawab ketika kita menegur (this is not good) tp ini adlah bagian dari perkembangannya. Logika berpikirnya udah jalan sedikit dan cukup membuat kita terheran-heran, but it's amazing :-)

Yang lagi kita gumulin untuk kenzie akhir2 ini adalah kenzie itu emosinya mudah terpancing. Jadi misalnya, kalo dia lagi di dalam mobil bareng kita trs ada motor/mobil lain yang mendahului mobil kita, nah kenzie bisa tuh kayak marah dan ga seneng gitu. Dia bisa bilang: "kok dia lewatin kita sih? ga boleh" yah semacam itu. Ato pernah ada 1 kejadian sewaktu kita lagi jalan di gang rumahnya emak (nenek kenzie dari papanya), ada anak jalan di belakang kita lalu tu anak jalan ngelewati kita. Kenzie langsung marah dan bilang sama gue "kenzie mau tabrak dia aja, krn dia ngelewati kita". Nah lo???? tapi itu bener2 dia lakuin, dia lari2 mau ngejar itu anak, ya langsung aja gue pegangin dia. Bisa gawat ga sih???? Walah, gue jadi bingung kenapa pula anak gue bisa begitu???

Banyak kejadian2 sejenis itu yang bikin kita struggling juga masalah emosinya kenzie. Setelah kita pikir dan memeriksa hati kita berdua sebagai orangtua, ternyata kita mendapatkan bahwa itu menurun dari kita orangtuanya sendiri. Kok bisa? Karena begini, hendry dan gue kadang suka ngobrol2 di mobil dan kadang kalo pas ada mobil yang ga bener jalannya kita suka komentarin gitu. Itu pertama, lalu yang kedua emosinya hendry lumayan sering terpancing ketika lagi bawa mobil (ya tau sendiri lah di sini orang bawa mobil seperti apa terutama mikrolet dan teman2nya); berikutnya, gue juga masih suka emosian sm kenzie. Kalo dia ga taat gue sering terpancing dan marah sama dia :-(

Ternyata, itulah penyebab kenapa kenzie emosinya mudah terpancing. Itu bener2 nurun dari kita orangtuanya dan itu bikin kita merasa bersalah, sedih, dan kita komitmen untuk berubah. Sedih banget loh ngeliat anak kita jadi bad attitude karena dia ternyata mencontoh dari kita orangtuanya sendiri.... Karena anak kecil, apalagi seumuran kenzie begini SANGAT MUDAH MENIRU, baik PERILAKU, PERKATAAN, bahkan apa yang TIDAK KELIHATAN itu bisa transfer ke dia. Mungkin kita ga sadar yah kadang2 ngomong sesuatu yang ga baik, kelepasan ato gimana. Tapi itu bisa langsung ditiru sama anak. Ini bener2 bikin gue sadar dan harus langsung berubah agar anak gue ga jadi berkat nantinya.

Yah, buat gue sendiri, sekarang masih menikmati aja menjadi mama dari kenzie, istri dari hendry :-) trs punya komunitas baru di sekolahannya kenzie. Puji Tuhan juga jadi bisa banyak ngobrol, tuker pikiran dan saling membangun sesama ibu2. Kita juga ada support groupnya, walopun baru jalan 3x tapi kita bisa saling sharing masalah dan kebutuhan anak. Thanks God ditunjukkan sekolah yang terbaik juga untuk kenzie dan mama :-)

Hubungan dengan suami?? Thank God juga semakin baik, semakin mesra dan kita masih mikirin dan pergumulin tentang menambah anggota baru dalam keluarga. Kenzie udah minta dede, tapi kita masih belum dapetin kerinduannya. God yang rencanakan terbaik juga untuk kita sekeluarga. Gue sih pada dasarnya lebih terbuka aja, kalo emang Tuhan kasih yah menerima dengan sukacita. Kalo ga dikasih pun yah ga bermasalah, gue menikmati kok setiap saat hari-hari gue sekarang ini. Ga ada yang kurang dari menjadi ibu dengan hanya 1 anak. Tapi kalo Tuhan tambahkan lagi anugrah itu buat kita, gue yakin pasti ada banyak hal lain lagi yang Tuhan ingin agar kita bertumbuh dan belajar. Karena bagi gue, anak itu adalah titipan Tuhan. Dan anak adalah alat Tuhan juga untuk membentuk gue, jadi kalo nambah anak gue harus siap dengan banyaknya pembentukan dan mungkin ada lebih banyak lagi dukacita yang mendatangkan sukacita nantinya :-)

Nanti mau nyambung lagi, ada posting yang ke pending gara2 blog gue error. Halah, gimana ini gue kok kaga pinter2 sama beginian. Ngeliat blognya orang kok bisa bagus2, gimana caranya.. hehehhe

2 comments:

  1. wow... kenzie bisa begono *aunti lia cengo* btw bener deh itu orgtua bs transfer emosi ke anak. gue aja dicurigain miss lena ( kepsek plus pembina gue ) kalo ada tantrum ( abis gue kalo ngamuk serem ciii ) weleh... tp yah itu liatnya dari rumah. org rumah kalo marah parah separah2nya. duuuh hrs terus blajar kontrol diri nih, apalagi uda punya bebi, ada yg liat dan niru....... hauaaaaaaaaaaa...

    ReplyDelete
  2. hahahahaha...... jangan kaget dah kalo liat anak kita kok bisa begini ato begitu? kaga bakalan disangka2 emang. Makanya pny anak itu bener2 proses belajar juga buat kita. Ngajarin anak dan ngajarin kita sendiri juga hehhehe. Itulah nikmatnya :-)

    ReplyDelete