Wednesday, April 20, 2011

Kenzie udah jadi koko... Ga mau isep lagi....

Dah lama banget kaga ngeblog and buka2 internet via kompi. Belakangan badan kayanya capeeee bener. Kalo nemenin ken bobo siang jadinya udah mau ikutan bobo aja and kalopun ga bobo ada aja urusan yang mau diurus.. Jadi sekali udah ga sempet/males buka kompi jadi keterusan.

So, gw melewatkan momen penting untuk disharing dan diabadikan di sini :-( padahal waktu itu pengen banget langsung ketik and posting. Tapi udh kecapean dan ngantuk berat hehehhe.

Jadi gini ceritanya,

Kenzie itu kan dari sejak umur 5 bulan dia suka isep2 jarinya kalo mau tidur. Yah hal ini lumrah dan umum sekali terjadi pada anak2. Apalagi kalo masih bayi. Nah, ken mulai kebiasaan itu dari sejak umur 3 bulan. Waktu itu gue sebenarnya kasih dia "empeng". Tapi waktu dia 5 bulan udah ga mau dipake lagi empengnya. Jadilah dia bereksperimen mencari-cari jarinya yang enak untuk diisap. Akhirnya dia mendapati jari manis dan jari tengah tangan sebelah kirinya. Ga nanggung2 kan, 2 jari yang diisep :-)

Waktu itu sempet kepikir untuk ngelarang, karena banyak banget saran2 dari orang2 sekeliling untuk ngelarang dia ngisep2 jari. Tapi kita mikir nanti juga ilang sendiri dan itu bisa bikin ken lebih cepet tidur, kenapa dilarang juga? yang penting jarinya bersih. Dan waktu itu kita tanya ke dokter anaknya, beliau bilang anak semua memang begitu, itu adalah fase oral dan anak harus bs melewati tahap itu dan terpuaskan. Tidak masalahlah menurut dia asalkan kebersihannya terjaga. So, kita ikutlah dengan saran dokter (yang adalah konfirmasi dari pemikiran kita). Akhirnya begitulah.... Jadi tiap kali ken mau bobo, pasti harus ada blankey dan isepan kedua jarinya :-)


Nih dia yang lagi isep2.... lucu banget kan...

Tapi kalo isep2nya sampe umur 3 tahun  2 bulan rasanya udah ga lucu lagi. Apalagi gw sempet baca di sebuah forum gitu tentang anak2 yang mengisap jarinya, katanya bisa bikin jari anak terserang jamur dan infeksi. Walah... gue jd ngeri juga. Dah gitu kan banyak ibu2 yang sharing jg tentang anak2 mereka yg isep2 jari. Da yang sharing sampe anaknya umur 15 tahun masih isep jari sebelum tidur!!!! Bayangin ajahhhhh........
Gue langsung ngeri ngebayangin kenzie yang masih ngisep sampe umur 15 tahun!!! Ga mau lah gue! Saat itu juga gue langsung membulatkan tekad gue untuk menghentikan kebiasaan isep2 kenzie.

Emang sebelumnya gue and hendry udah ngobrol kalo kita targetkan untuk kenzie bisa lepas dari isepan jarinya itu. Tapi sampai saat itu kita belum ada usaha yang gimana gitu lah, cuma sebatas kasih tau kenzie, kasih pengertian ke dia bahwa isep2 jari itu ga baik kalo sampai udah seumur dia. Dia seh iya iya aja, tapinya isep2 tetep aja jalan... Makanya gue mikir harus ada tindakan yang cukup serius buat ngilangin kebiasaannya ini. Pernah seh gue kasih yang pahit-pahit gt tapi dia malah nangis2 and marah. Gue rasa bukan jalan yang tepat juga buat dia. Soalnya kenzie itu anaknya cukup dewasa lah biar umurnya baru 3 thn tapi dia udah bisa kita ajak ngobrol and kasih pengertian.

Jadi waktu hari Jum'at, 15 April 2011 (hehehehhe). Waktu kita habis pulang dari cell group. Nah kita lagi nunggu papa ambil mobil, jadi ken tiduran gitu di sofa loby apartmentnya temen gue. Dia pegang "blankey" sambil isep2 jarinya. Gue bilang sama dia "ken, kamu kan udah growing bigger, udah jadi koko. Kamu udah ga boleh isep2 jari lagi. Kamu liat dong cece glenda, Jos, Davin, mrk ga ada yang isep2 jari. Bahkan baby2: dede jeconiah, dede jason, dede davian (semua temen komsel gue sebutin), ga ada yang isep kayak kenzie. Kenzie sendirian doang yang isep2 loooh......." Dia ngeliatin gue terus. "Kenzie mau kan coba untuk ga isep? Mama help kenzie". Terus dia ngangguk2 and bilangL "Kenzie udah jadi koko, udah ga mau isep lagi kayak cece glenda, davin, ... (dia sebutin satu2 nama anak2 yang td gue sebutin)". Hahahahha, jadi itulah moment nya dia mau komitmen ga isep jari lagi.... Thank God...

So, waktu dia di mobil, udha mulai mau isep gue ingetin dia. Trs dia langsung cabut jari2 dia dari mulutnya. Dan akhirnya dia melewatkan malam itu tidur tanpa isapan jari :-) so proud of him. Gue tau lah itu perjuangan berat banget buat dia loooh, udah 3 tahun bo dia melakukan kebiasaan itu. Makanya waktu malam itu dia tidurnya juga susah dan gelisah. Kebangun-bangun gitu. Tapi gue ga mau tll kaku juga lah. Gue mau bantu dia setahap demi setahap. Kadang kalo dia mendusin (bangun di tengah2 tidurnya), dia langsung masukin jarinya ke mulut seperti yang biasa dia lakukan. Ada kalanya gue ingetin untuk dicabut dia mau, tapi ada kalanya dia ga mau. But, i think it's a miracle from God kalo udah sampe hari ini (hari ke-5) dia bisa tidur tanpa isep jarinya. PRAISE GOD!!!! Dia beberapa kali lupa dan masukin jarinya, tapi gue langsung ingetin dia dan dia langsung nurut untuk lepas jarinya. Dia suka bilang: "eh iya aku lupa"... lalu tadi siang dia bisa ga isep2 lagi ketika mendusin dan bangun dari tidurnya. Semoga dia bisa lewatin ini. Karena ini hal yang sulit dan butuh perjuangan dan kemauan keras dari dia, maka gue sama hendry memutuskan untuk kita kasih dia reward kalo dia berhasil melepaskan kebiasaan isepnya. Kita kasih tau dia kalo dia berhasil kita mau kasih dia present. Yah dia tambah semangat lagi untuk ga isep2....

Kita yakin pasti dia bisa ngelewatin ini seperti yang sudah2 dia lakukan (toilet training, makan nasi, dll). Yah gue percaya kalo Tuhan itu memberikan semua tepat pada waktunya. Begitu juga dalam gue memdidik dan membimbing kenzie, gue harus banyak sabar dan tetap memberikan support untuk kenzie. Gue ga mau menimbulkan amarah dalam hati kenzie sehingga dia jadi kepahitan sama gue karena gue terlalu memaksakan kehendak gue untuk dia bisa ini atau itu. Gue kudu berhikmat juga lah, minta hikmat Tuhan. Gue bisa liat kok pimpinan Tuhan dalam kita mendidik kenzie. Meskipun kita ada lemahnya dan kenzie juga belum sempurna seperti apa yang Tuhan mau, tapi kita MAU dan kita ENJOY buat ngelakuin itu semua. Karena kita tau bahwa adalah TUGAS kita untuk MEMPERSIAPKAN kenzie sehingga dia BISA MEMPERTANGGUNG JAWABKAN DIRINYA KEPADA TUHAN. Karena bukan kita sebagai oratu yang harus mempertanggung jawabkan anak kepada Tuhan, tapi anak itu sendiri.

Terima kasih Tuhan atas mukjizat2 kecilMu yang mewarnai hari-hariku yang mungkin bagi orang lain itu adalah sesuatu yang biasa, tapi bagi aku adalah luar biasa. Untuk bisa melihat bagaimana kenzie bisa bertumbuh, mendidiknya dari hari ke hari adalah hal yang ga bisa digantikan dengan apapun. Karena adalah suatu kehormatan yang Kau beri untuk aku bisa menjadi orangtua, sehingga aku bisa mengenal hati MU, mengenal PRIBADIMU...... Thank YOU so MUCH FATHER :-) Love U

Fatima

3 comments:

  1. waaaaaaah kenzieee keyen!!! :) susaaah lo ngubah kebiasaan itu... gue aje sampe kelas 3 SD ci, masih ngenyot jempol bukan hanya pas lagi mau bobo tp sambil nonton TV juga. feel more comfy... mungkin itu kali ye yang bikin gigi gue agak maju :( walaaaaah.....

    ReplyDelete
  2. ^_^
    Koko Kenzie emang anak yang taat...:) pasti berhasil..
    Koko yang baik and bisa jadi teladan...
    Love u Kenzie...

    Thank you for sharing...ini juga baru buka FB setelah hampir 1 minggu..hehehehe...

    Thank u..

    Have a bless day

    ReplyDelete
  3. @ Lia: iya lia... susah sekali li ilangin kebiasaannya itu. Ini jg msh on off, tp bersyukur udh ada willingness buat berhentinya. Emang dia kalo ga isep jari susah tidurnya lii.

    @ anonym: Hahaha ini niyu yah???? bingung nih?? Tq yah :-)

    ReplyDelete