Monday, October 4, 2010

Bye-bye byubyur......

Tuhan itu benar-benar hebat dan Dia itu menjawab doa-doa kita tepat dan sesuai dengan waktunya. Gue bersyukur banget karena Dia udah jawab pergumulan gue tentang ken. Ken itu udah umur 2 tahun 8 bulan, almost 3 years! dan dia masih ga mau makan yg keras seperti nasi, daging, dll. Dia itu males banget ngunyah makanan. Dan ini adalah salah satu pergumulan dan jadi target pribadi gue buat kenzie supaya dia mau makan nasi dan mau belajar kunyah. Mungkin bagi kebanyakan orang ini adalah hal yang biasa dan knp juga seh sampe segitunya sampe didoain???

Yah, begitulah... perjuangan gue buat perkenalin makanan ke kenzie itu menurut gue berat banget. Karena waktu makan buat gue dan kenzie adalah waktu2 "rawan" hahaha, karena biasanya gue jadi emosi dan dia juga jadi bad mood kalo disuruh makan. Gue sempet beberapa kali ngalamin stres banget karena Kenzie ga mau makan. Mungkin dia juga udah bosen dengan makanan dia tapi dikasih makanan yang baru dia menolak juga, akhirnya dia cuma mau mkn oatmeal gitu. Kenzie bisa mogok dan cuma mau makan oatmeal bisa sampe 2 mingguan. Itu aja udah susah banget makannya.... Gimana ga stress??? Sempet juga kan kenzie berat badannya turun naik, dokter anaknya aja bilang kalau untuk seumur ken berat badannya dia termasuk kurang. Yeah, I'll do anything buat naikin berat badan dia loh... sampe2 segala junk food yang manis2 semacem coklat dan permen gue kasih buat dia makan supaya dia ada makanan yang menambah kalori dia. Kalo ga gimana?

Tapi lewat proses makan memakannya ken ini, gue juga belajar banyak banget yang namanya sabaaaaaar........ belajar menahan emosi, belajar untuk bisa menjaga kata2 gue. Yeah mungkin itu salah satu caranya Tuhan juga buat bikin gue lebih sabar dan lebih bisa menahan diri. Dan gue tetap harus belajar terus buat sabar dan menahan diri sampe sekarang. At least sekarang udah mendingan lah.

Awalnya ken mau makan nasi adalah karena gue merasa bahwa dia emang udah bisa ngunyah dan dia cuma males atau mungkin ga tertarik dengan makanannya. Waktu hari itu gue kasih dia makan mie goreng (salah satu makanan favorit dia), dia bisa makan dengan lahap dan mengunyah dengan baik juga. Nah terus temen gue ada yg bilang, mungkin aja dia ga suka karena nasi itu kan ga ada rasa. Coba aja lu kasih garem sedikit, campurin di nasi. Soalnya dia waktu kecil juga gitu katanya. Besoknya gue coba deh... gue kasih ken makan ayam goreng pake nasi sama garem. Eeeh ternyata dia mau makan, ga dilepehin atau dikeluarin seperti biasanya... Walaupun makannya emang lama, sekitar 1 jam itu juga ga banyak tapi setidaknya dia udah mau coba untuk mengunyah dan memakan makanan itu. Thanks God... Ya akhirnya gue coba terus dengan kwetiaw, nasi soto, nasi mun tahu dan ayam kecap.. lumayanlah hari ini udah hari ke-5 ken mau makanan keras.

Meskipun makannya lebih lama dari makan bubur dia itu, tapi gue bersyukur banget sama Tuhan, Dia jawab pergumulan gue walopun kayanya ga penting banget. Gue juga tau bahwa gue harus belajar lebih sabar lagi nungguin ken makan selama 1jam an dan terus ingetin dia buat rajin2 ngunyah makanannya.... Anyway thank You very much God for answering my pray.... Masih ada target2 sebelum ken mencapai usia 3 tahun yang harus gue doakan dan perjuangkan. Jia yo fatima, jai yo ken! tomorrow will be better... hahahaha...!

No comments:

Post a Comment