Thursday, August 26, 2010

Enjoying my "fulltime job"

My boy, namanya Kenzie Levi Chandra, 2thn6bln usianya. Paling tenang kalau dia udah bobo kaya gini :-) ngeliatnya damai dan ga ada yang dipikirin...

Sebelum gue married dan pas masa pranikah gue sama hendry, aku sempet berpikir dan beda pendapat sama hendry tentang gimana nanti kita membesarkan dan mendidik anak2. Yang paling ngotot adalah pendapat gue bahwa gue mau tetap bisa kerja dan ngejar karir gue meskipun nanti gue dah punya anak. Tapi hendry ga setuju dengan pendapat itu, bagi dia kalau kita udah punya anak nanti kita harus bersedia memikul tanggung jawab penuh untuk mendidik dan membesarkan mereka, at least salah satu dari kita. Tapi ga mungkin dia dooong.. jadi ya harus gue. Gue ga setuju dan tetep ngotot sama pendapat gue (ketauan neh dah ga tunduk..).

Gue punya pendapat begitu karena gue pikir mendidik anak dapat dilakukan meskipun gue ga harus fulltime di rumah dan gue berpikir ngapain juga gitu gue sekolah tinggi2 dan habis itu masuk dapur (seperti katanya orang2 dulu jaman bokap nyokap gue). Idealisnya ya gue mau dong praktekkin ilmu2 psikologi gue di tempat gue kerja...

Setelah gue married, kita memutuskan buat menunda dulu kedatangan anggota baru dalam keluarga karena kita mau menikmati masa2 berdua dulu dan mungkin rasa2nya belum begitu siap dengan tanggung jawab yang baru yaitu mendidik dan mengasuh anak. Bagi gue dulu, kalo dah punya anak itu REPOT banget, ga bisa ngapa2in dan USELESS.... Jadi lebih karena gue akhirnya kita menunda-nunda... Gue juga masih mikir, nanti gimana kalo udah punya anak mana bisa juga gue kerja lagi...

TAPI... Ga tau kenapa setelah berjalan 1 tahun kita menunda kehamilan, Tuhan juga taruh satu kerinduan dalam hati gue untuk kita punya baby dan kesiapan dalam hati gue untuk memutuskan bisa fulltime ngerawat dan mendidik anak. Sebenarnya banyak faktor yang pada akhirnya bisa membuat gue berubah pendapat dan pikiran gue.

Pertama, siapa juga yang mau jagain anak gue???

Kedua, gue ga percaya sama baby sitter dan pembantu

Ketiga, Tuhan banyak bukain bahwa banyak sekali anak2 yang karakternya ga baik, susah taat sm orangtua, jadi anak2 pemberontak, manja, dll karena mereka tidak berada dekat dengan orangtua mereka sepanjang waktu.. (gue ga bilang bahwa anak2 yang orangtuanya kerja dan hanya dititipkan ke orangtua atau baby sitter itu ga baik looh..) tapi gue ngerasa aja kalo Tuhan mau gue ambil tanggung jawab ini secara full.. Tuhan juga ingetin firman di Ulangan 6:7 "haruslah engkau mengajarkannya berulang-ulang kepada anak2mu dan membicarakannya apabila engkau duduk di rumahmu, apabila engkau sedang dalam perjalanan, apabila engkau sedang berbaring, dan apabila engkau bangun" Nah, ngajarin anak berarti harus dalam setiap keadaan dan kondisi. Gue percaya, kalau kita ngajar dan ngedidik anak2 kita di dalam Tuhan dan sesuai dengan kebenarannya dan tanggung jawab itu kita ambil secara fulltime maka mereka akan jadi anak2 yang bisa menjadi berkat.

Keempat, Gue mau anak2 dan gue bisa jadi berkat dan teladan tentang bagaimana kita hidup dalam standar Tuhan dan gue mau visi Tuhan dalam hidup anak2 gue nanti bisa terpenuhi dan itu butuh banyak investasi, termasuk waktu bersama mereka.

Kelima, Harus tunduk juga yah sama suami... :-) tapi pada akhirnya Tuhan melembutkan hati gue dan secara sadar dan bertanggung jawab gue  memutuskan untuk menjadi fulltime mummy.... Yeeeaaayyy!!!

Nah, kemudian gue hamil dan lahirlah Kenzie Levi Chandra...

Banyak pertolongan yang gue dapatkan sebagai mama baru. Yang ga ngerti gmn rawat bayi, banyak bgt kekuatiran dan ketakutan dalam pikiran gue dalam merawat ken yang masih bayi waktu itu. Tapi gue bersyukur karena kita sempet ada denger seminar Parenting Life yang Welcoming Baby (very helpful), itu ngajarin kita ngedidik anak kita sesuai kehendak Tuhan meskipun mereka masih bayi. Trus bantuan2 juga datang dari temen2 komunitas gue (Thank Goo we have them.. Love you friendss), trus dari ke 2 mama gue yang luar biasa yang senantiasa nengokin cucu2 mereka dan memberikan saran2 mereka sebagai orang2 yang sudah lebih berpengalaman. Wah luar biasa deh punya orang2 yang ada di sekeliling kita dan membantu kita...

Dan gue mulai menikmati kegiatan merawat dan mendidik si baby. Meskipun hari2 awal gue penuh dengan kelelahan dan sempet juga airmata.. hu hu hu.. ga nyangka soalnya segitu capenya ngerawat bayi. Jadi heran juga sam ibu2 yang bisa punya anak sampe 7 (kayak emak gue).. Mereka itu LUAR BIASA!!! Salut salut deh...

Sempet gue ngerasa bosen dan cape beberapa waktu lamanya dan membuat gue ngerasa gue ga berguna dan ga berharga karena gue ga bisa nyari duit sendiri, ga bisa juga ngelayani Tuhan di gereja seperti masa waktu gue belum dipercayakan Kenzie. Gue sempet bergumul beberapa bulan lamanya dan pada akhirnya gue bisa percaya kepada Tuhan bahwa panggilan Dia dalam hidup gue sekarang ini adalah MELAHIRKAN (Secara fisik dan rohani) ANAK-ANAK ILAHI yang MENJADI BERKAT buat semua generasi.

MAKIN LAMA, gue SANGAT MENIKMATI kegiatan baru gue itu. Padahal tawaran buat masuk kerja dan exist di dunia karir lumayan banyak dan cukup menjanjikan. Sempet juga kok gue bawa pulang tugas2 dari kantor gue yang lama dan gue kerjain di waktu senggang gue. Lumayan juga. Tapi FOKUS gue sekarang adalah MERAWAT dan MENDIDIK KENZIE.

Hari2 ini apalagi gue sangat dibukakan tentang adalah PRIORITAS bagi kita sebagai orangtua untuk mendidik anak. Ini bukan tanggung jawab orangtua kita ataupun para pembantu dan baby sitter, juga bukan tanggung jawab hanya salah satu dari pasangan. Tapi adalah tanggung jawab kita bersama...... Thank God akhirnya gue bisa menerima dengan sangat positif dan bahkan excited "fulltime job" gue di rumah and I'm very enjoying it...

I like every moment I saw my boy growing up.... dan gue bersyukur kepada Tuhan bahwa gue ga pernah melewatkan moment-moment indah dalam hidup Ken, wah very colorful deh hidup gue sekarang... Ada waktunya gue happy banget bisa maen bareng sama ken, ada waktu gue menjadi sedih dan kuatir ketika ken sakit, ada waktu gue bisa marah dan kecewa ngeliat ketidaktaatan dia. Tapi itu semua bagian dari proses dia menjadi anak ilahi, anak yang dikasihi oleh Tuhan....

I LOve YOU my precious SON.....







2 comments:

  1. ci cunggggg.... nanti kalo kenzie cukup gede, untuk bisa ngerti apa yang papa dan mamanya lakukan, apa yang mamanya tulis di blog ini.... pasti deh dia datengin mama dan bilang, " makasih mama papa... uda berjuang buat kenzie.."
    and that time you must be so happy! :)
    TANGGUNG JAWAB mendidik anak BERHENTI di orangtua, bukan dilempar ke oranglain kayak sekolah, guru skul minggu ato embak2 karena nanti yang diminta pertanggungjawabannya itu sama Tuhan yah orangtua. masa si embak yang ditanya sama Tuhan , " kok kamu gak ngajarin jalan2KU sama anak majikanmu? " walaaaaahhhh mana bisa gitu?

    ReplyDelete
  2. Setuju li... emang itu bener banget bahwa mendidik anak adalah tanggung jawab orangtua 100% dan kita harus prioritas untuk melakukannya. Gue ga pernah nyesel waktu gue ngambil keputusan untuk fulltime di rumah dan ngasih semua waktu gue buat mendidik kenzie. Waah rasanya happy banget, palagi kalo liat dia sekarang taat dan dia bisa ngasih kata2 pujian buat gue, lucu banget deh...
    Semoga lu juga cepet dapet baby yah biar bisa liat betapa besarnya pengaruh yang kita berikan buat anak2 kita.

    ReplyDelete